Jumat, 09 Desember 2016

Kemampuan Sosial Anak Autis Bisa Ditingkatkan dengan Cara Ini


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD) sering mengalami kesulitan memahami perilaku nonverbal dalam interaksi sosial. Mereka juga biasanya menghindari kontak mata dan kehilangan isyarat visual, sehingga sulit untuk mempertahankan hubungan dengan teman sebaya.

Sebuah studi baru mengklaim bahwa drama Shakespeare dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi pada anak penyandang autis secara signifikan.

Sebanyak 14 anak dengan ASD yang terdaftar untuk pelaksanaan keterampilan sosial berbasis drama yang dikenal sebagai Hunter Heartbeat Metode ditemukan oleh Royal Shakespeare Company di London. Pendekatan terapi baru ini dirancang untuk meningkatkan interaksi sosial, bahasa pragmatis dan keterampilan pengenalan emosi wajah oleh anak dengan ASD.

“Anak-anak ini diajarkan keterampilan inti dalam lingkungan yang sangat santai dan menyenangkan, sehingga mereka tidak sadar sedang diajarkan,” kata Tasse.

Setiap sesi dimulai dengan meminta anak-anak duduk dalam lingkaran di lantai membuat dan mengucapkan 'Hello Heartbeat' sambil menekan tangan mereka di dada mereka. Hal ini memungkinkan mereka waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan dan menandai perpindahan antar sesi.

Fasilitator kemudian memimpin anak-anak melalui serangkaian game berdasarkan plot The Tempest, yang berfokus pada keterampilan seperti pengenalan emosi wajah, kontak mata, ekspresi afektif, humor, improvisasi sosial dan lain-lain.

“Pada akhir studi yang menggunakan drama Shakespeare The Tempest, anak dengan ASD menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam keterampilan sosial mereka dan kemampuan mereka untuk terlibat dalam hubungan sosial,” kata Marc J Tasse, profesor di Ohio State University, Amerika Serikat, dikutip The Indian Express baru-baru ini.


Source link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar